HAID MENGGUMPAL PERTANDA PENYAKIT?


Jumlah darah, bahkan warna dan konsistensi darah haid setiap siklus dapat bervariasi, dan hal tersebut lebih sering hal yang biasa/normal. Dalam siklus haid, lapisan endometrium (dinding bagian dalam rahim) menebal dan pada saat menstruasi dikelupaskan bersama dengan darah haid. Jumlahnya sekitar 30 - 80 ml setiap siklus.

Banyak wanita yang haidnya mengandung gumpalan darah, gumpalan darah dapat berwarna merah terang atau merah gelap kehitaman dan biasanya keluar pada saat darah haid terbanyak. Bila gumpalan- gumpalan darahnya banyak, darah haid akan terlihat lebih gelap warnanya. Sesekali mendapat haid dengan darah yang bergumpal tidak harus menjadikan rasa khawatir berlebihan, namun apabila terlalu lama/ setiap siklus, maka keadaan anemi (kurang darah) dapat terjadi.

Kadang-kadang gumpalan darah menunjukkan hal yang patologis (diakibatkanj oleh suatu penyakit/ keadaan yang tidak normal), antara lain:

- Tubuh kita mengeluarkan antikoagulan yang menyebabkan darah haid tidak bergumpal, namun apabila darah haid sangat banyak dan cepat keluarnya, antikoagulan tidak sempat berfungsi dan darah haid akan bergumpal.

- Keguguran, sering seorang wanita tidak menyadari terlambat haid, dan ada diantaranya yang keguguran. Biasanya darah bergumpal dan mengandung jaringan. Saat keluarnya gumpalan darah bersama jaringan akan terasa nyeri.

- Tumor jinak rahim (mioma uteri), yang letaknya di dalam rahim dan menyebabkan permukaan endometrium lebih luas sering menyebabkan darah haid lebih banyak, bergumpal dan nyeri.

- Adenomiosis, perubahan patologis pada otot rahim yang menyebabkan rahim membesar dan kontraksi otot rahim terganggu.

- Infeksi kandungan, lebih sering menyebabkan haid yang tidak teratur dan lebih lama.

- Gangguan hormonal, dapat terjadi kapan saja selama kurun reproduksi wanita, namun lebih sering pada usia sekitar menopause, perubahan berat badan yang drastis/mendadak, efek samping pengobatan terutama steroid.

- Obstruksi aliran darah haid, sehingga darah bergumpal sebelum keluar, misalnya terdapat polip pada leher/mulut rahim, atau infeksi sang menyebabkan sumbatan.

 

Blog Template by YummyLolly.com