P M S

Pre-Menstrual Syndrome atau PMS, sesuai dengan namanya, adalah gejala fisik dan psikis yang muncul pada wanita secara teratur hampir setiap bulan. Gejala ini umumnya akan muncul seminggu sebelum terjadinya menstruasi, dan akan menghilang beberapa hari setelah terjadi menstruasi.

Jadi PMS hanya muncul pada wanita setelah masa puber dan selama usia produktif, kecuali ketika sedang terjadi kehamilan.

Penyebab PMS belum diketahui dengan pasti, namun diduga berkaitan dengan:


- Meningkatnya kadar estrogen dan progesterone menjelang menstruasi
- Kekurangan zat kimia serotonin yang diperlukan untuk kestabilan mood.
- Kekurangan vitamin B6
- Gangguan Metabolisme prostaglandin
- Berlebihnya kadar cairan yang ditahan oleh tubuh

Tanda & Gejala
Secara umum gejala PMS ini dapat dibagi dalam 2 kelompok, yaitu gejala fisik dan gejala psikis
1.Gejala Fisik
- Berat badan bertambah
- Kembung
- Payudara terasa kencang dan sakit
- Cepat merasa lelah, kadang disertai dengan gangguan sulit tidur
- Kulit berminyak atau berjerawat
- Nafsu makan, terutama terhadap karbohidrat atau coklat bertambah
- Sakit kepala
- Kram perut: terjadi karena rahim sedang berkontraksi untuk meluruhkan lapisan dinding bagian dalam rahim yang anda lihat sebagai gumpalan darah menstruasi.
Tingkat kram perut ini tergantung pada berapa banyak kadar prostaglandin yang dihasilkan oleh tubuh. Makin banyak kadar prostaglandin, makin parah kram perut yang anda rasakan.
Tetapi jika anda mengalami kram perut yang menghebat terus menerus setiap kali menjelang menstruasi, mungkin perlu dicurigai adanya endometriosis. Yaitu tumbuhnya jaringan (seperti yang ada pada dinding rahim) di luar rahim itu sendiri, misal: di saluran atau indung telur.
Jika kram perut disertai dengan keluar darah yang jauh lebih banyak dari biasanya, mungkin hal tersebut merupakan tanda adanya tumor jinak di dinding rahim.

2. Gejala Psikis
- Mudah marah dan mudah tersinggung
- Merasa sedih
- Sulit berkonsentrasi pada pelajaran atau pekerjaan
- Gairah seks meningkat

Perawatan Mandiri
- Kompres hangat dengan produk kompres gel yang telah direndam dalam air mendidik selama 15 menit. Kompres hangat sangat baik untuk perut yang mengalami kram. Anda juga dapat mengoleskan krim / cairan penghilang nyeri yang memberikan efek hangat, misal: counterpain, minyak kayu putih. Hangat akan menambah aliran darah dan sirkulasi ke rahim sehingga mengurangi efek kram.
- Cek apakah anda mengkonsumsi kalsium dalam jumlah cukup setiap hari (tidak kurang dari 500 mg per hari). Jika tidak, maka anda perlu mulai rutin minum susu atau yogurt, atau mengkonsumsi suplemen kalisium. Kalsium akan mengurangi risiko kram perut dan nyeri pada payudara, serta memperbaiki konsentrasi dan mood. Hal ini terjadi karena kalsium dapat membantu tbuh melepaskan lebih banyak hormon endorphins, yaitu hormon yang membuat anda merasa gembira.
- Cek apakah anda mengkonsumsi vitamin B6 dalam julah cukup setiap hari (tidak kurang dari 3 mg per hari). Jika tidak, maka anda perlu mulai mengkonsumsi vitamin B kompleks, atau kombinasi vitamin C dan vitamin B kompleks.
- Kurangi konsumsi garam menjelang haid, karena garam akan menahan cairan tubuh yang menyebabkan payudara terasa nyeri.
- Kurangi konsumsi kafein menjelang haid, karena kafein akan membuat anda lebih mudah tersinggung dan marah, serta menambah nyeri perut.
- Berolahraga secara teratur, khususnya menjelang haid. Yang sangat dianjurkan adalah berenang.

Obat-obatan
Selain tindakan perawatan mandiri di atas, umumnya Pre Menstrual Syndrome dapat ditangani dengan cepat menggunakan obat pereda nyeri dan pelemas otot (untuk mengurangi kram).

By. Century healthcare

source
 

Blog Template by YummyLolly.com